Selasa, 21 Oktober 2014

Pertanian di Luar Negeri


1.Pertanian di Amerika
    Amerika adalah negara industri terbesar di dunia,tetapi di amerika banyak juga terdapat petani dan kegiatan pertanian.karena mereka sadar karena kegiatan pertanian merupakan bagian penting dari kehidupan.kehidupan manusia tidak dapat berjalan tanpa kegiatan pertanian.
di amerika terdapat banyak lahan pertanian,berdasarkan sensus tahun 2007 ada 2,2 juta peternak,serta lahan seluas 922.000.000 hektar.kegiatan pertanian di amerika terkonsentrasi di hamparan luas yang subur bernama Great plains yang meliputi wilayah tengah amerika dan wilayah sekitar Great Lakes atau Sabuk Jagung.produksi pertanian di amerika meningkat setidaknya 5 % setiap tahunya karena didukung oleh kemampuan teknologi yang canggih dan sumber daya manusia yang memadai.
selain itu output dari setiap pekerja telah tumbuh rata rata 0,84 % tiap tahun.di amerika para petani dapat menghasilkan makan rata rata untuk 96 orang,sungguh nilai yang sangat tinggi.hal tersebut terjadi karena konsolidasi pertanian dan penggunaan teknologi yang modern.
selain itu,kegiatan ekspor impor di amerika juga semakin meningkat di bidang pertanian.
2.Pertanian di Malaysia
   Pertanian menjadi salah satu sektor penting di malysia.terutama dalam bidang ekonomi.kegiatan pertanian menyumbangkan 12 % kontribusi PDB di Malaysia.dan kegiatan pertanian mampu menyediakan lapangan pekerjaan bagi 16 % penduduk nya.komoditi utama di Malaysia adalah kakao,kelapa sawit ,durian,kelapa dan beras.
Beras merupakan makanan pokok warga malaysia.dan menurut masyarakat setempat beras merupakan simbol kebudayaan melayu tradisional ,malaysia mampu memprodusi 1,94 juta metrik ton pada th 1998.
Namun secara keseluruhan,tidak dapat memenuhi kebutuhan pangan di malaysia dan tetap harus mengimpor beras deari luar negeri.misalnya saja malaysia sering mengimpor beras dari negara tetangga thailand maupun vietnam.
Selain beras,pada tahun 1999,malysia memproduksi 10.550.000 metrik ton minyak kelapa sawit dan merupakan salah satu produsen minyak terbesar di dunia.hampir 85 % juta metrik ton ini diekspor ke pasar internasional.
Malaysia juga merupakan produsen terbesar keempat di dunia kakao,mampu memproduksi 84.000 metrik ton kakao pada tahun 1999.
3.Pertanian di Belanda
   Menurut saya belanda adalah negara yang hebat,karena jika dibandingkan negara indonesia,luas wilayah belanda lebih kecil daripada indonesia,namaun pada tahun 2002 belanda mampu menjadi negara pengekspor tebesar kedua di dunia.dengan nilai ekspor mencapai 07,2 milyar euro.
   Produk Andalnya adalah benih dan bunga yang menyumbangkan 20 % pendapatan nasionalnya.
kunci maju nya pertanian di belanda adalah riset,kebijakan kebijakan riset yang di kemukakan oleh para ahli dari belanda
selain itu,belanda tidak hanya fokus pada keuntungan tetapi juga fokus dan memikir kan keberlanjutan dan masalh lingkungan.hal tewrsebut yang membuat belanda menjadi negara hebat walaupun dengan luas wilayah yang relatif kecil daripada indonesia.
4.Pertanian di Jepang
   Siapa yang tidak tau dengan jepang ,negara maju yang terkenal dengan bunga sakura nya ini merupakan negara maju.di bidang pertanian, jepang juga maju karena di dukung dengan teknologi dan inovasi inovasi modern
pertanian di jepang dikerjakan secara detail dan serius.meskipun menerapkan teknologi modern namun tetap ramah lingkungan.karena keunikan nya itu, badan PBB (FAO) menetapkan jepang sebagai daerah penting pertanian  atau warisan penting pertanian global ( GIAHS).
dengan lahan yang hanya 25 % saja,mereka benar benar memanfaatkan lahan tersebut secara efisien.
 Setelah tsunami yang meluluhkan jepang pun mereka tetap bisa berinovasi,misalnya saja mereka membuat robot untuk membantu kegiatan pertanian.seperti traktor tanpa awak,mesin tanam dan mesin panen.










sumber 
http://en.wikipedia.org/wiki/Agriculture_in_the_United_States
http://www.fao.org/countryprofiles/index/en/?iso3=USA
http://www.nationsencyclopedia.com/economies/Asia-and-the-Pacific/Malaysia-AGRICULTURE.html
dc.the-netherlands.org
http://www.innovatienetwerk.org/en/weblog/toon/94/TheNetherlandsrichinagriculturepoorinlunchculture.html
http://www.tokyofoundation.org/en/articles/2013/japan-agriculture-and-tpp


Tidak ada komentar:

Posting Komentar