Selasa, 14 Oktober 2014

Kearifan Lokal Pertanian di Zaman Modern
seperti yang kita ketahui pengertian pertanian kearifan lokal adalah merupakan pengetahuan lokal yang sudah dewmikian menyatu dengan sistem kepercayaan,norma dan budaya.kearifan lokal di indonesia saat ini menjadi topik yang sangat menarik dan penting karena semakin menipisnya sumber daya alam dan perilaku masyarakat yang semakin memprihatinkan.
karena pada zaman sekarang ini banyak sekali perilaku manusia yang serba modern dan canggih tetapi mereka tidak memperhatikan lingkungan.
Kearifan lokal di zaman modern seperti sekarang ini jarang digunakan karena dianggap tidak ilmiah ,sehingga kearifan lokal tersebut dibedakan dengan pengetahuan ilmiah yang dikenal oleh dunia barat.pengetahuan lokal dianggap bersifat lokal dan tidak memiliki metodologi dsb.padahal ketahanan pangan di indonesia menjadi sangat rentan karena negeri ini masih mengandalkan bahan pangan hasil impor .
sudah saatnya  pemerintah kembali kepada kearifan lokal yang dimiliki untuk mengatasi masalah krisis pangan sekarang ini.

sumber : 
http://pengacaraonlinecom.blogspot.com/2011/12/peranan-kearifan-lokal-dalam-membangun.html
http://www.esaunggul.ac.id/epaper/kearifan-lokal-pengetahuan-lokal-dan-degradasi-lingkungan/
http://blog.umy.ac.id/pandi/2013/10/23/pemberdayaan-petani-berbasis-kearifan-lokal/

6 komentar:

  1. Menurut saya blog ini dalam penulisannya masih banyak terdapat kesalahan penulisan misalnya dalam hal setelah tanda titik banyak huruf yang tidak besar. namun sumbernya sudah cukup kredibel singkat padat dan jelas.

    BalasHapus
  2. Komentar ini telah dihapus oleh pengarang.

    BalasHapus
  3. menurut saya,blog yang di sampaikan oleh saudari irwin gabrella agustin materi yang di sampaikan bagus,tetapi ada beberapa kesalahan dalam penulisan huruf kapital

    BalasHapus
  4. mba penulisanya kurang teliti deh banyak yang masih salah mohon di perhatikan lagi sekian trimakasih maaf atas komenya saya hanya mengkritik hahaha

    BalasHapus
  5. menurut saya isi dari blog saudara sudah cukup baik, isinya cukup berbobot. terima kasih

    BalasHapus
  6. Menurut saya, artikel ini hanya menjelaskan pengertian pertanian kearifan lokal. Seharusnya diberi contoh agar pembaca lebih memahami apa itu kearifan lokal. Dan apa contohnya dalam kehidupan . Selain itu, harus lebih memperhatikan huruf kapital pada awal kalimat dan setiap kalimat baru harus diberi spasi.
    Terima kasih...:)

    BalasHapus