Selasa, 14 Oktober 2014

Pertanian Kearifan Lokal
Kita tau bahwa kegiatan pertanian sudah ada dan sudah dimulai sejak manusia pertama hidup,karena kegiatan pertanian sangat penting untuk melangsungkan kehidupan manusia.tetapi pada zaman dahulu pertanian masih sangat sederhana dan masih menyatu dengan alam.hal tersebut yang disebut dengan Kearifan Lokal.
pengertian kearifan lokal itu sendiri merupakan pengetahuan lokal yang sudah menyatu dengan sistem kepercayaan ,norma dan budaya dan diekspresikan di dalam tradisi dan mitos yang dianut dalam waktu yang cukup lama.
sistem pertanian yang menggunakan kearifan lokal sangat ramah lingkungan dan biasanya tidak merusak alam.karena hampir semua nya menggunakan cara cara secara alami.
misalnya saja pada zaman dahulu untuk mengusir hama,nenek moyang kita menggunakan tanaman ataupun hewan yang secara alami dapat mengusir hama tersebut tanpa bahan kimia seperti sekarang ini.
contoh selanjutnya adalah pupuk,pada zaman dahulu masih menggunakan pupuk organik yang berbahan dasar kotoran hewan atau seresah dau daun yang sudah berguguran.
petani zaman dahulu juga mempercayai perkiraan cuaca yang disebut pranata mangsa yang merupakan peninggalan leluhur jawa tentang musim.dengan bantuan pranata mangsa,maka peluang keberhasilan panen semakin besar.dan masih banyak lagi contoh kearifan lokal yang sering dilakukan.
fungsi dan makna kearifan lokal adalah
1.Melestarikan sumber daya alam
2.Melestarikan kepercayaan dan kebudayaan di indonesia.dll
kebudayaan dan kearifan lokal sangat erat hubunganya dengan masyarakat,bahwa segala sesuatu yang terdapat dalam masyarakat dipengaruhi oleh kebudayaan yang dimiliki oleh masyarakat itu sendiri.. 

Sumber
http://tabloidsinartani.com/content/read/inovasi-pertanian-butuh-kearifan-lokal/


2 komentar:

  1. Isi artikel Anda dalam blog kurang lengkap.
    Penggunaan huruf besar setelah tanda titik dan penataan paragraf membuat pembaca kurang nyaman saat membaca.

    BalasHapus
  2. menurut saya isi artikel ini cukup bagus tetapi masih kurang lengkap. untuk penulisannya kurang rapi
    terimakasih :)

    BalasHapus